AYO berkunjung ke perpustakaan fakultas psikologi UIN Jakarta !!!



Perpustakaan Fakultas Psikologi didirikan pada tahun 2003. Pada awal  terbentuknya  yakni tahun 1995,  status Fakultas Psikologi masih sebagai Jurusan Psikologi dan masih menginduk pada Fakultas Tarbiah. Selanjutnya sesuai dengan tuntutan pengembangan kelembagaan serta untuk mendukung program peralihan IAIN menjadi UIN, Jurusan Psikologi ditingkatkan statusnya menjadi Fakultas Psikologi dengan Surat Keputusan Rektor IAIN Jakarta Nomor 004 Tahun 2001 tanggal 15 Januari 2001 berdasarkan Rapat Senat Institut tanggal 4 Desember 2000.
Dengan demikian maka dari tahun 1995 sampai dengan tahun 2001 tidak terdapat Perpustakaan Fakultas Psikologi, melainkan Perpustakaan Fakultas tarbiah.Perpustakaan psikologi memiliki luas   gedung 352 m2 dan terletak di Fakultas Psikologi lantai 3. Alamat lengkap nya yaitu berada di Jl. Kertamukti No. 5 Cirendeu Jakarta Selatan, Fakultas Psikologi UIN Jakarta.
Saya selaku penulis memohon maaf karena tidak dapat memaparkan informasi yang detail mengenai sejarah dari Perpustakaan Fakultas Psikologi. Hal tersebut terjadi karena sulit ditemukanya sumber informasi baik dari sumber tercetak maupun sumber elektronik.
Perpustakaan Fakultas Psikologi memiliki hubungan dengan UPT Perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, selaku pendukung aktifitas-aktifitas perpustakaan Fakultas Psikologi. Ini kaitanya dengan institusi yang membawahi Fakultas Psikologi yakni Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Perpustakaan Fakultas Psikologi memiliki tiga orang pustakawan. Sebagai Kepala Urusan (Kaur) yakni Bapak Drs. Andi Baharuddi, S.IPI , MM.Pd, sebagai petugas administrasi perpustakaan yakni Bapak Suaman, dan sebagai peugas sirkulasi yakni Bapak Rahmat. Adapun uraian tugas nya adalah sebagai berikut :
a.      Kepala Urusan Perpustakaan
Perpustakaan Psikologi UIN Jakarta hendaknya dipimpin oleh seorang kepala urusan perpustakaan, yang memiliki keahlian dalam bidang perpustakaan. Uraian tugas dari seorang Kepala Urusan Perpustakaan yakni sebagai berikut :
ü  Memimpin pelayanan kepustakaan untuk keperluan pendidikan;
ü  Memberikan pelayanan referensi, dan bahan pustaka;
ü  Pengadaan koleksi dan pemeliharaan bahan pustaka serta pengembangan kepustakaan dan pustakawan;
ü  Melaksanakan kerjasama antar perpustakaan Fakultas di lingkungan Kampus UIN Jakarta.
b.   Pustakawan
Pustakawan sebagai pelaksana teknis, membantu Kepala Urusan Perpustakaan dalam melaksanakan pelayanan perpustakaan. Tugas pokok pustakawan di Perpustakaan fakultas Psikologi meliputi pengorganisasian dan pendayagunaan koleksi/ sumber informasi, serta pemasyarakatan perpustakaan dan informasi. Uraian tugas nya yakni sebagai berikut :
ü  Mengembangkan koleksi/bahan pustaka;
ü  Menyimpan dan melestarikan bahan pustaka;
ü  Memberikan pelayanan informasi;
ü  Mengadakan bahan pustaka sesuai dengan program study Psikologi;
ü  Mengolah bahan pustaka sehingga memiliki kelengkapan data koleksi, sehingga mempermudah pencarian koleksi yang dibutuhkan;
ü  Melayani peminjman dan pengembalian bahan pustaka;
ü  Melayani pendftaran / aktivasi anggota baru Perpustakaan Fakultas Psikologi;
ü  Mengeluarkan surat keterangan bebas pustaka;
ü  Melakukan evaluasi mengenai Perpustakaan Fakultas Psikologi;
ü  Membuat laporan tahunan pelaksanaan tugas;


1.      Layanan Yang Diberikan Perpustakaan Fakultas Psikologi
1.1           Bentuk Layanan
Ada dua jenis system layanan yang diberlakukan di Pepustakan Fakultas Psikologi yakni Sistem layanan terbuka (Open Access) dan system layanan tertutup (Closed Access). Sistem layanan terbuka diperuntukan bagi koleksi buku, majalah dan jurnal. Sistem layanan terbuka ini dirasa dapat memberikan kemudahan dan kepuasan bagi pemustaka karena pemustaka dapat memilih sendiri koleksi yang sesuai dengan kebutuhannya. Sistem layanan terbuka memberi kebebasan kepada pemustaka untuk dapat melakukan browsing atau mencari dan menemukan buku serta mengambilnya sendiri. Ketika ternyata yang ditemukan kurang cocok, pemustaka juga dapat mecari bahan lain yang hampir sama atau bahkan berbeda.
      System layanan tertutup dikhususkan bagi koleksi Skripsi dan Tesis. Pemustaka tidak diperkenankan masuk kedalam rak-rak buku untuk membaca maupun mengambil sendiri koleksi skripsi dan tesis. Pemustaka hanya diperkenankan membaca atau meminjam koleksi melalui pustakawan yang nantinya akan mengabilkan maupun mengembalikan koleksi untuk para pemustaka.  Ini dengan pertimbangan dan harapan bahwa kerapihan dan keutuhan koleksi akan tetap terjaga, dan juga untuk meminimalisir hilangnya koleksi skripsi dan tesis.

1.2              Jam Buka Dan Tutup
Jadwal Layanan Perpustakaan:
No
Hari
Buka
Istirahat
1
Senin – Kamis
07.30 – 19.00
Tidak ada
2
Jum’at
07.30 -11.00  13.30- 19.00
11.00 – 13.30
3
Sabtu, Minggu dan Libur Nasional
Libur

1.3           Denda
ü  Bagi pemustaka yang merusak, menghilangkan atau mencoret-coret bahan pustaka wajib mengganti dengan buku baru yang sama judulnya, ditambah biaya processing sebesar Rp. 10.000,- dan jika terlambat dikenakan denda keterlambatan Rp.1000,-/hari/buku.
ü  Apabila buku tersebutn buku langka, maka perpustakaan memberikan kebijakan dengan mengganti dengan judul lain yang isi relevan dengan buku yang hilang tersebut dan ditambah biaya processing Rp. 10.000,- dan jika terlambat dikenakan denda keterlambatan Rp.1000,-/hari/buku.
ü  Keterlambatan pengambilan koleksi bahan ajar yang dipinjam oleh pemustaka dikenakan denda sebesar  Rp.1000,-/hari/buku.
ü  Keterlambatan pengembalian buku rujukan(referensi) atau buku reserve (tandon) dikenakan denda Rp.1.000,-/hari/buku.
ü  Kartu anggota yang hilang atau rusak dapat dibuat kembali dengan membayar sesuai tarif yang berlaku.
ü   Keterlambatan pengembalian kunci loker dikenakan denda Rp.10.000,-/hari dan bila menghilangkan kunci loker, dikenakan biaya ganti kunci sebesar  Rp.15.000,-.
ü  Pengunjung yang melakukan plagiat akan dilaporkan ke bagian akademik dan kemahasiswaan dan akan dikenakan sanksi akademik.
ü  Pengunjung perpustakaan yang terbukti melanggar peraturan dan tata tertib yang berlaku akan dikenakan sanksi berupa denda, teguran lisan, teguran tertulis hingga dikeluarkan dari keanggotaan perpustakaan dan dikenakan sanksi akademik.

1.4           Jenis-Jenis Layanan di Perpustakaan Fakultas Psikologi
Ø  (Ruang Layanan Referensi)
Jenis layanan yang ada di Perpustakaan Fakultas Psikologi diantaranya adalah layanan sirkulasi , layanan fotocopy dan layanan referensi. Dalam layanan sirkulasi terdapat layanan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan bahan pustaka. Untuk layanan peminjaman bahan  pustaka hanya diperuntukan bagi civitas akademik di Fakultas Psikologi. Jika ada pemustaka umum (baik dari luar Fakultas Psikologi maupun dari luar UIN ) maka hanya diperkenankan untuk membaca di tempat atau fotocopy saja.
Kemudia untuk layanan referensi, ini untuk pelayanan khusus koleksi skripsi dan tesis.
1.5              Jenis Pemustaka Yang Dilayankan
Perpustakaan Fakultas Psikologi melayani pemustaka civitas akademik di lingkungan Fakultas Psikologi seperti Mahasiswa, Dosen dan Karyawan. Bagi pemustaka yang berasal dari luar kampus UIN Jakarta dikenakan biaya Rp 5.000,- dalam sekali masuk. Pemustaka tersebut tidak diperkenankan meminjam koleksi baik koleksi umum maupun referensi, dan hanya dapat membaca di tempat. 

1.6           Jenis-Jenis Koleksi

No
Jenis Koleksi
Jumlah Judul
Jumlah Eks
1
Buku Teks dan Penunjang
1276
4323
2
Buku Referensi
25
69
3
Jurnal Ilmiah
33
639
4
Skripsi
880
880
5
Laporan Ilmiah (Penelitian)
7
13
6
Surat Kabar
2
2
7
Koleksi Digital
5000
5000
8
Koleksi Jenis Lain :



Kumpulan Jurnal Psikologi Agama
35
1

Laporan KKL Mahasiswa Fak. Psikologi
5
6

2.      Sistem Temu Kembali Informasi di Perpustakaan Fakultas Psikologi
·         OPAC :
Menggunakan system tulis/lontar yang dapat diakses dan dapat dipakai pemustaka untuk menelusuri katalog untuk mendapatkan informasi baik itu ketesediaan maupun lokasi.
·         Katalog untuk mencari skripsi dan tesis
Untuk karya mahasisw disediakan katalog yang berisikan judul, penulis dan nomor(nomor disesuaikan berdasarkan data yang masuk lebih dulu)

Kedua system temu kembali diatas belum digunakan secara maksimal. Masih banyak mahasiswa yang langsung mencari nya ke rak, ada pula mahasiswa yang tidak tahu cara menggunakan opac. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, ada beberpa pemustaka yang tidak tahu bahwa di perpustakaan tersebut terdapat opac. Hal tersebut terjadi karena kuangnya perhatian pustakawan terhadap opac itu sendiri. Opac jarang di update dan server nya pun sering eror.

3.      Pemasaran Layanan Oleh Perpustakaan
3.1  Media Yang Digunakan
Ø  (Salah satu contoh standing banner)
Perpustakaan Fakultas Psikologi lebih banyak menggunakan standing banner sebagai media pemasarannya. Standing banner biasanya berisikan journal- journal elektronik terbaru dan lain sebagainya. Standing Banner biasanya diletakan di area sekitar pintu masuk, sekitar sirkulasi, dan juga tempat-tempat lain yang sekiranya terlihat oleh pemustaka.
3.2  Cara Pemasaran Layanan Oleh Perpustakaan
Pemasaran dilakukan secara langsung atau face to face antara pustakawan dan pemustaka. Kegiatan ini tidak ditentukan waktu serta tempatnya, namun bersifat kondisional. Ketika ada pemustaka yang bertanya atau sedang membutuhkan informasi maka disitulah dijelaskan mengenai layanan. Pemasaran yang bersifat kondisional tersebut sebenarnya kurang baik karena berimbas pada tidak meratanya informasi kepada pemustaka, namun begitulah realita yang terjadi di Perpustakaan Fakultas Psikologi.

4.      Fasilitas Yang Diberikan Perpustakaan


Ø  (Fasilitas Loker)
Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh Perpustakaan Fakultas Psikologi kepada Pemustaka. Fasilias tersebut diantaranya fasilitas loker, fasilitas computer, fasilitas ruang baca, dan fasilitas internet. Pertama, fasilitas loker digunakan untuk penitipan barang dan terletak di depan pintu masuk. Jumlah loker cukup banyak dan dilengkapi dengan kunci untuk keamanan bersama. Terkadang ada beberapa loker yang tidak digunakan oleh pemustaka karena tidak adanya kunci.
Ø  (Fasilitas Komputer)
Kedua, fasilitas computer yang disediakan oleh Perpustakaan Fakultas Psikologi yakni komputer katalog dan computer umum. Ada beberapa computer yang dikhususkan hanya untuk akses OPAC, dan ada banyak computer yang disediakan untuk akses  internet, e book ataupun hanya sekedar mengerjakan tugas mata kuliah.
Ø  (Fasilitas Ruang Baca)
Ketiga, fasilitas ruang baca dibagi dibagi menjadi dua yakni ruang baca diskusi dan ruang baca yang berada di dalam ruangan skripsi agar pemustaka yang sedang mengerjakan skripsi tidak terganggu oleh pemustaka lain.
Keempat, fasilitas internet diperuntukan bagi setiap pemustaka yang membutuhkan, baik itu untuk mengakses e resourch dari perpustakaan psikologi maupun untuk akses yang lainya. Jaringan internet di perpustakaan fakultas psikologi cukup baik karena disana terdapat dua jaringan yang aktif.

B. Interaksi pada Layanan Perpustakaan Fakultas Psikologi
5.      Organisasi
6.1 Orientasi Yang Diberikan Perpustakaan Kepada Pustakawan Baru
Orientasi yang diberikan kepada pustakawan baru bersifat sekilas. Beberpa orientasi yang diberikan diantaranya yaitu tentang jenis koleksi dan letaknya, jam operasional, dan cara mengoperasikan system ketika ada peminjaman dan pengembalian bahan pustaka. Sebagai pustakawan yang masih bersetatus magang, kita juga diikut sertakan dalam pekerjaan-pekerjaan lain di luar layanan seperti cara menginput data sampai dengan mencetak barcode.
6.2   Orientasi Yang Diberikan Perpustakaan Kepada Pustakawan Baru Dalam Melayani Pemustaka
Pada persoalan ini, kita tidak diberikan orientasi langsung. Namun kita sebagai pustakawan magang cenderung lebih aktif menanyakan tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam melayani pemustaka. Dengan kata lain, kita harus aktif bertanya jika kita ingin mengetahuinya. 

6.      Pemustaka
7.1  Sikap Pemustaka Terhadap Kehadiran Pustakawan
Sebagian besar pemustaka di Perpustakaan Fakultas Psikologi  bersikap biasa biasa saja ketika ada pustakawan datang. Maksudnya yakni hadir ataupun tidak hadir nya pustakawan di dekatnya tidak berpengaruh kepada sikapnya.
7.2  Sifat-Sifat Pemustaka Yang Datang Ke Perpustakaan
Sifat pemustaka yang paling mendominasi yakni pemustaka yang diam. Diam yang dimaksudkan disini bukan diam karena pendiam, namun lebih condong ke arah acuh. Namun ada beberapa sifat-sifat lain yang dimiliki oleh pemustaka yang datang ke Perpustakaan Fakultas Psikologi diantaranya yakni pemustaka yang ramah, pemustaka yang tidak sabaran, pemustaka yang banyak berbicara tetapi tidak banyak permintaan, dan ada juga pemustaka yang banyak berbicara juga banyak permintaan.
Beberapa pemustaka yang sudah terlihat ramah dari saat pertama kali masuk diantaranya yakni para karyawan, beberapa dosen dan juga mahasiswi. Kebanyakan dari pemustaka tersebut ramah karena menyadari bahwa pustakawan yang sedang bertugas adalah sesame mahasiswi di kampus UIN Jakarta. Dan ada juga pemustaka yang ramah karena merasa terbantu ketika apa yang pemustaka butuhkan itu terpenuhi.

7.      Pustakawan
7.1  Kendala Yang Dialami Dn Bagaimana Cara Mengatasinya
Perasaan pertama kali melayani pemustaka di Perpustakan Psikologi yaitu santai tetapi tetap serius. Hal tersebut terjadi karena sebelumnya saya sudah terbiasa melayani pemustaka di tempat magang sebelumnya sehingga perasaan gugup sudah tidak terbawa lagi ketika sedang melayani pemustaka di Perpustakaan Fakultas Psiklogi.
Kendala pasti ada walaupun tidak begitu banyak. Berada di meja sirkulasi yang baru dengan suasana dan peralatan yang baru menyulitkan saya untuk melayani pemustaka dengan cepat dan sigap. Hal itulah yang membuat saya terkadang menjadi gugup ketika sedang harus melayani pemustaka dengan cepat tetapi komputer server kurang bersahabat, atau stampel tanggal diletakan entah dimana, atau nomor barkode tidak terbaca dan masih banyak lainya. Hal tersebut tidak berlangsung lama karena seiring berjalanya waktu maka juga saya terbiaasa dengan sendirinya.
Kendala lain yang timbul saat pertama kali melayani pemustaka yaitu kurangnya orientasi dari pustakawan senior kepada pustakawan magang. Kami sebagai pustakawan magang harus banyak inisiatif  bertanya, karena pustakawan senior tidak berinisiatif untuk mengajarkan kami.
8.2 Nilai-Nilai Yang Diterapkan
Nilai yang paling banyak saya terapkan ketika dalam proses magang yaitu ramah dan tanggungjawab. Ramah adalah nilai yang sangat penting untuk diterapkan dalam kegiatan pelayanan. Banyak sekali pemustaka baik itu pemustaka di Perpustakaan Fakultas Psikologi maupun di perpustakan lain beranggapan bahwa pustakawan itu galak, judes dan tidak suka tersenyum. Pandangan itu harus kita rubah bersama-sama karena memang pandangan itu salah. Dengan saya berskap ramah, saya telah membuktikan bahwa pustakawan itu tidak seperti yang dipandangkan itu tadi.
Lebih dari tujuan di atas, sikap ramah itu penting karena ini berpengaruh kepada pemustaka di perpustakaan sendiri. Ketika pemustaka dilayani dengan ramah dan baik, maka tidak menutup kemungkinan bahwa pemustaka akan suka berkunjung ke perpustakaan dan citra perpustakaan pun akan menjadi baik. Dengan demikian perpustakaan , khususnya Perpustakaan Fakultas Psikologi akan dimanfaatkan dengan maksimal.
Sama halnya denga sikap ramah, sikap tanggungjawab pun penting. Tidak hanya untuk menjaga citra baik perpustakaan, tetapi tanggungjawab juga bagian dari cara kita untuk menjaga citra baik diri kita pribadi. Sikap tanggung jawab selalu saya terapkan pada setiap proses ketika saya magang. Ketika ada satu pemustaka datang kepada kita, maka saya harus menyikainya pertma ayakni ramah, kemudian tanggungjawab saya selanjutnya yakni melayankan apa kebutuhanya.  Masalah yang timbul ketika sedang dalam pelayanan bahkan setelah pelayanan pun menjadi tanggungjawab saya dan harus saya selesaikan, baik itu dieselesaikan dengan bantuan pustakawan lain maupun tampa bantuan pustakawan lain.
Pada dasarnya kedua nilai-nilai diatas tidak sulit untuk diterapkan. Kembali kepada pribadi masing masing seperti apa. Namun sebagai pustakawan yang baik yang memiliki etika profesi hendaknya kita harus konsisten dan senantiasa ingin selalu lebih baik lagi dalam meberikan pelayanan di perpustakaan.
AYO berkunjung ke perpustakaan fakultas psikologi UIN Jakarta !!! AYO berkunjung ke perpustakaan fakultas psikologi UIN Jakarta !!! Reviewed by Unknown on 06:31 Rating: 5

No comments:

Theme images by NickS. Powered by Blogger.